Selasa, 26 April 2016

Focus Group Discusion (FGD) Geopark Rinjani, 23 April 2016

Wilayah Geopark Rinjani - Lombok
Kawasan Geopark Rinjani - Lombok terletak di Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat meliputi 4 Kabupaten yaitu : Kabupaten   Lombok   Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur dan 1 Kota yaitu Kota Mataram dengan Gunung Rinjani sebagai pusat Geopark. Secara umum deliniasi kawasan Geopark Rinjani - Lombok terletak antara jalan raya yang menghubungkan Ampenan sampai Kayangan di Lombok Timur. Dengan adanya penunjukan kawasan Rinjani sebagai Geopark ini, maka perlu penyusunan desain tapak untuk mendukung pengelolaannya lebih baik.



Proses Diskusi Penataan Desain Tapak
Sebagai tahap awal penyusunan desain tapak, Dinas Kehutanan Provinsi NTB bersama KPHL Rinjani Timur menyelenggarakan FGD bersama masyarakat Sembalun Lombok Timur untuk menggali potensi dan kebutuhan masyarakat dalam pengembangan pariwisata. Dari Focus Group Discussion ini didapat beberapa poin yang bisa menjadi pertimbangan dalam penyusunan desain tapak Geopark Rinjani.

Kawasan Sembalun dipilih sebagai lokasi FGD ini karena selain bersebelahan langsung dengan pusat Geopark yaitu Gunung Rinjani, Sembalun juga termasuk dalam Kawasan Pariwisata Nasional dan terdapat banyak situs geopark. Sembalun juga sudah menjadi destinasi wisata yang sudah terkenal di Indonesia sehingga membutuhkan penataan kawasan untuk pengelolaan yang lebih baik.
Pemandangan Pusuk Sembalun
Peserta FGD Geopark Rinjani
FGD Desain Tapak Geopark Rinjani dihadiri sebagian besar oleh masyarakat Sembalun dan juga instansi terkait seperti Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Lombok Timur serta Polsek Sembalun. Proses diskusi dipandu langsung oleh Bapak Burhanudin, Kepala Seksi Keamanan Dinas Kehutanan Provinsi NTB bersama Sekretaris Camat Sembalun, Bapak M. Makmun.  –JJ-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar