Senin, 19 Oktober 2015

Ekspose Proposal Kemitraan Gapoktan Puncak Semaring



MATARAM – (1/10) Sekelompok masyarakat atas nama Gapoktan Puncak Semaring bersama dengan KPHL Rinjani Timur dan Gema Alam melakukan ekspose proposal kemitraan kehutanan di Dinas Kehutanan Provinsi NTB. Gapoktan Puncak Semaring merupakan sekelompok masyarakat yang terbentuk dari gabungan 7 kelompok tani hutan yang berada di Desa Mekar Sari, Kecamatan Suela, Kab. Lombok Timur. Gabungan Kelompok ini dibentuk dalam upaya penguatan kelembagaan untuk menjalin kerjasama kemitraan kehutanan dengan KPHL Rinjani Timur. Didampingi oleh Gema Alam selaku LSM yang berperan aktif dalam pelestarian lingkungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, saat ini Gapoktan Puncak Semaring berupaya untuk memenuhi persyaratan untuk menjalin kerjasama kemitraan kehutanan dengan KPHL Rinjani Timur selaku pengelola kawasan hutan. 

“Masyarakat Desa Mekar Sari lebih cenderung ingin melakukan kerjasama kemitraan kehutanan daripada dengan ijin HKm. Yang masyarakat inginkan ialah Hutan yang lestari dan masyarakat sejahtera”, ujar Fauzi Ketua pasukan pegaman hutan swadaya mitra polhut Desa Mekar Sari. 

Ekspose proposal yang difasilitasi oleh Dinas Kehutanan Provinsi NTB ini dilakukan untuk memaparkan perkembangan dari kegiatan yang telah dilaksanakan dalam upaya menjalin kerjasama kemitraan kehutanan antara KPHL Rinjani Timur dengan Gapoktan Puncak Semaring. Selain itu hasil dari ekspose proposal ini juga akan ditindaklanjuti oleh Dinas Kehutanan Provinsi NTB yakni untuk melakukan verifikasi kelengkapan persyaratan masyarakat untuk melakukan kerjasama kemitraan. (MU)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar