Senin, 21 September 2015

Wisata Petualang di Bukit Pergasingan


Pengelolaan Bersama Masyarakat
Dalam rangka merealisasikan visi dan misi KPHL Rinjani Timur yaitu “Terwujudnya Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat untuk Kesejahteraan”, maka KPHL Rinjani Timur bersama masyarakat sekitar telah mengelola Bukit Pergasingan menjadi kawasan wisata alam. Bukit Pergasingan merupakan bagian dari wilayah tertentu KPHL Rinjani Timur yang dikelola bersama Koperasi Wisatani melalui skema kemitraan kehutanan. Terletak di kawasan Sembalun Kabupaten Lombok Timur yang telah terkenal dengan pemandangan alamnya, Bukit Pergasingan menjadi bagian tak terpisahkan dan mampu menyajikan atraksi yang menarik bagi wisatawan terutama  bagi yang menyukai kegiatan outdoor. 

Atraksi Wisata

sunrise dari Bukit Pergasingan
Paralayang
Bukit Pergasingan merupakan objek wisata alam minat khusus bagi para pecinta hiking maupun trekking. Namun tidak perlu khawatir karena pendaki yang tidak berpengalaman pun boleh mencoba untuk naik ke bukit ini. Jalur pendakian yang tergolong soft tracking dapat ditempuh dalam waktu ± 2 jam untuk sampai di puncak bukit. Terletak di ketinggian 1700 m di atas permukaan laut, Bukit Pergasingan menawarkan pemandangan Desa Sembalun dan bukit-bukit di sekitarnya dengan sangat indah.
Selain pemandangan yang elok, kita juga dapat menikmati sunset dan sunrise yang cantik dari Bukit Pergasingan serta hamparan bintang di malam hari. Selain itu, bagi yang menyukai tantangan bisa mencoba paralayang dengan terbang melintasi kawasan Sembalun dari Bukit Pergasingan. Dengan paralayang, kita akan menikmati keindahan kawasan Sembalun dengan cara dan sensasi yang berbeda.


Manajemen Lingkungan
Pengelola wisata alam Bukit Pergasingan telah berkomitmen untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian wilayah hutan KPHL Rinjani Timur. Maka dalam pelaksanaan kegiatan pariwisata yang dibuka di Bukit Pergasingan, Koperasi Wisatani mewajibkan para pengunjung untuk membawa turun kembali sampah yang dihasilkan dengan kantong plastik yang telah disediakan. Untuk membuat api unggun di Bukit Pergasigan, pengunjung dilarang mengambil kayu dari pohon-pohon yang ada namun diwajibkan untuk membawa kayu bakar yang telah disiapkan di pintu masuk Bukit Pergasingan. Dengan demikian, kelestarian dan kebersihan kawasan hutan KPHL Rinjani Timur akan tetap terjaga.

Aksesibilitas
Untuk menuju Bukit Pergasingan Sembalun, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi, charter, maupun sewa kendaraan baik mobil atau motor. Untuk transportasi umum, belum ada sarana yang dapat menjangkau langsung ke lokasi wisata. Kita perlu berganti angkutan beberapa kali untuk dapat sampai di pintu masuk Bukit Pergasingan. Namun tidak perlu khawatir karena Bukit Pergasingan terletak di kawasan Sembalun yang sudah terkenal dan banyak pengunjung yang datang sehingga terdapat banyak alternatif pilihan untuk menjangkaunya. Kondisi jalan menuju pintu masuk Bukit Pergasingan pada umumnya baik dan sudah beraspal. Adapun jarak tempuh Bukit Pergasingan dari beberapa kota terdekat adalah :
Dari Mataram        : ± 89 km, dengan waktu tempuh rata-rata 3 jam
Dari Praya (BIL)     : ± 73 km, dengan waktu tempuh rata-rata 2,5 jam
Dari Selong            : ± 50 km, dengan waktu tempuh rata-rata 2 jam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar