Kamis, 03 Desember 2015

Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia Kabupaten Lombok Timur 2015

28 November, sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 24 tahun 2008 telah disepakati sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional. Tema HMPI Tahun 2015 “Ayo Kerja, Tanam dan Pelihara Pohon Untuk Hidup Yang Lebih Baik” disampaikan oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Lombok Timur, Lalu Zainal Abidin, S.Sos, pada peringatan HMPI Tingkat Kabupaten Lombok Timur di Labuhan Haji, Sabtu 28 November 2015.
H. Suhermanto, selaku Kepala Bidang RLPS sekaligus ketua panitia, menjelaskan bahwa kegiatan HMPI ini sebenarnya bertujuan untuk menyukseskan kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan dalam rangka mengatasi lahan kritis di Indonesia. Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia baik di dalam kawasan hutan maupun di luar kawasan hutan.  Lokasi penanaman untuk kegiatan HMPI tahun ini dipilih di Labuhan Haji, yaitu di luar kawasan hutan sebagai upaya reboisasi sempadan pantai.

Tim KPHL Rinjani Timur bersama Penyuluh Kehutanan
Sebanyak 2.000 bibit telah disiapkan untuk menyambut acara HMPI dan ditanam bersama unsur-unsur terkait. Selain Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Lombok Timur, turut serta pula Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi, Dinas Pekerjaan Umum, TNI, Polisi, Satpol PP, Pramuka Saka Wanabhakti, dan masyarakat yang mengikuti kegiatan penanaman tersebut. Tentu saja, KPHL Rinjani Timur termasuk di dalamnya dan turut berpartisipasi aktif dalam menyukseskan agenda HMPI dan BMN tahun 2015 ini. Bersama penyuluh dan polisi kehutanan, kami menanam bibit yang telah disiapkan. Jenis bibit yang ditanam adalah trembesi dan nangka, sesuai dengan Instruksi Bupati Lombok Timur, Ali Bin Dachlan.
Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Lombok Timur beserta Jajaran Polisi Kehutanan
Kegiatan HMPI ini diharapkan agar dapat membangun kesadaran masyarakat akan kepedulian terhadap keberadaan pohon-pohon di sekitar kita dan menjaganya agar tetap lestari. Dengan adanya lebih banyak pohon yang hidup di lingkungan kita maka kualitas lingkungan akan meningkat menjadi lebih baik karena dapat mencegah pemanasan global, banjir, dan erosi. Jadi, Ayo Kerja, Tanam dan Pelihara Pohon untuk Hidup yang Lebih Baik! –JJ-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar