Sabtu, 26 September 2015

Kebakaran Lahan di Bukit Pergasingan




(26/09) SEMBALUN, Lombok Timur – Bukit Pergasingan yang terletak di Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur telah terbakar pada hari Kamis 24 September 2015. Menurut kesaksian warga sekitar, api dan kepulan asap mulai terlihat pada pukul 13.30 WITA. Titik api muncul dari bagian bawah bukit yang kemudian menyebar ke atas dan ke samping bukit mengikuti arah angin. 

Berdasarkan hasil pemantauan petugas di lapangan hingga hari Jumat sore api masih menyala dan terus menyebar. Upaya – upaya seperti pembuatan sekat bakar untuk mencegah meluasnya api telah dilakukan. Akan tetapi upaya tersebut tidak berhasil mencegah api meluas. Hingga saat ini diperkirakan luas lahan yang terbakar mencapai 50 hektar. 


Belum ada kepastian mengenai penyebab kebakaran muncul. Akan tetapi diduga kuat kebakaran terjadi karena faktor alam. Bukit Pergasingan yang termasuk dalam wilayah kawasan hutan KPHL Rinjani Timur diketahui memiliki dominasi vegetasi berupa ilalang. Kondisi yang kering dan panas saat musim kemarau seperti saat ini telah menyebabkan timbulnya percikan api dari gesekan ilalang tersebut. Ditambah dengan angin yang cukup kencang menyebabkan api semakin besar dan  pada akhirnya kebakaran meluas.

Sampai hari ini pemantauan akan terus dilakukan hingga api yang muncul telah dipastikan padam.

(MU)

2 komentar:

  1. Alhamdulillah atas kerjasama semua pihak baik dari pengelola bukit pergangsingan, masyarakat dan pemerintah. Pada siang tadi api sudah bisa dipadamkan

    BalasHapus