Kamis, 19 Mei 2016

Penilaian Rinjani sebagai UNESCO Global Geopark di Kawasan KPHL Rinjani Timur

Tim UNESCO melakukan penilaian Geopark Rinjani
Rinjani telah resmi ditetapkan menjadi Geopark Nasional sejak tahun 2013 dan kemudian bersiap untuk menjadi anggota dari UNESCO Global Geopark. Kawasan KPHL Rinjani Timur yang masuk ke dalam situs biologi Geopark Rinjani tak luput menjadi target penilaian tim asesor dari UNESCO. Pada Rabu 18 Mei lalu, Mr. Maurizio Burlando dan Mr. Soo Jae Lee sebagai tim dari UNESCO mengunjungi kawasan Pusuk Sembalun dalam rangka penilaian Rinjani sebagai Geopark Dunia.
Pusuk Sembalun merupakan tempat strategis untuk bisa melihat pemandangan Desa Sembalun yang berada di bawahnya. Lokasinya yang datar dan luas dapat dijadikan rest area bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Sembalun maupun yang akan melakukan pendakian ke Gunung Rinjani. Berada dalam wilayah kelola KPHL Rinjani Timur, Pusuk Sembalun sedang berupaya menata kawasan tersebut untuk mendukung Rinjani sebagai UNESCO Global Geopark.
Rombongan tim penilai UNESCO disambut langsung oleh Kepala KPHL Rinjani Timur dan dikawal bersama Polisi Kehutanan menuju lokasi penilaian di Pusuk Sembalun. Sesampai di Pusuk Sembalun, rombongan diterima oleh tokoh adat Sembalun dengan Upacara Tandang Mendet. Di sini asesor dan rombongan melakukan penilaian dengan mengamati keadaan sekitar, menikmati pertunjukan, berdialog dengan tokoh, dan melakukan wawancara kepada masyarakat secara acak. Selain itu, tokoh adat Sembalun yang dipimpin oleh H. Purnipa juga menempelkan Simbeq (tanda yang diberikan di dahi) sebagai bentuk penghormatan Suku Sasak kepada tamunya.
Prosesi Pemberian Simbeq
Wawancara dengan Masyarakat

Salah satu Tim Geopark Nasional yang ikut dalam rombongan menyebutkan bahwa ia optimis dengan Rinjani dalam upaya menjadi anggota UNESCO Global Geopark karena keindahannya yang luar biasa. Potensi geologi, biologi, dan budaya yang ada di Rinjani menjadi satu kesatuan harmoni yang apik untuk selalu dilestarikan agar tetap bisa dinikmati anak cucu kelak. -JJ-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar